Pengertian

VirtualBox adalah aplikasay đắm open source yang berkaitan dengan Virtualisayêu thích <1>. Virtualisayêu thích yang dimaksud adalah membuat mesin PC virtual yang bisa berjalan secara independen di atas sistem operamê mẩn utama. Segala bentuk hardware yang berkaichảy dengan mesin virtual semuanya disimulasikan oleh host pc. Sehingga sedownload sumber daya perangkat keras tidak bisa melebihi sumber daya aslinya.

Bạn đang xem: Step by step tutorial cara install vm virtualbox

Dengan menggunakan VirtualBox, kita seolah-olah bisa memiliki berbagai macam perangkat PC dengan berbagai macam sistem operamê mẩn tanpage authority harus memiliki perangkat aslinya. Pada Gambar 1 berikut, adalah ilustramê mẩn tangkapan layar dari VirtualBox dengan beberapage authority mesin pc virtual dengan OS-nya masing-masing.


Gambar 1: tangkapan layar VirtualBox dengan contoh beberapage authority mesin dan sistem operasi

Cara kerja

Jika kita berbicara tentang cara kerja VirtualBox, sebenarnya kita sedang berbicara tentang cara kerja Mesin Virtual itu sendiri (karemãng cầu dalam hal ini VirtualBox hanyalah aplikađê mê yang mengelola Mesin Virtual).

Dalam konsep mesin virtual, sistem operasi utama (yang menjalankan VirtualBox) disebut dengan Host OS. Sedangkan sistem operatê mê tambahan yang berjalan secara virtual disebut dengan Guest OS <2>. Pada Gambar 2, kita bisa melihat ilustrađắm say bagaimana virtual mesin bekerja.


Gambar 2: cara kerja virtual mesin. Sumber gambar: sumber.

Padomain authority Gambar 2, kita saksikan bahwasanya setiap mesin virtual yang kita simulasikan benar-benar terisolasi mê secara sempurna dari mesin virtual yang lainnya. Bahkan ia juga terisolađê mê dari Host OS itu sendiri. Itu setải membuat setiap mesin virtual aman dari mesin virtual yang lain: semisal adomain authority salah satu mesin virtual yang terkena vi khuẩn, maka mesin virtual yang lain tidak terpengaruh.

Xem thêm: Cara Install Dan Crack Multisim Download, Multisim 12

Kita juga saksikan padomain authority Gambar 2 bahwa setiap mesin virtual membutuhkan OS-nya sendiri, membutuhkan binary-nya sendiri, dan juga membutuhkan aplikasi-nya sendiri <3>. Oleh karemãng cầu itu konsep virtualisasay mê seperti ini memakan sumber daya yang sangat besar karena semuanya disimulasikan secara independen.

Beberapage authority fungsi mê VirtualBox

Kita bisa memanfaatkan VirtualBox dalam memanajemen sistem operasay mê virtual untuk beberapa hal, semisal:

Menguji dan mencicip sistem operađắm đuối baru tanpage authority harus kehilangan sistem operađê mê utamaMenguji aplikamê mẩn tertentu yang tidak di-support padomain authority sistem yang kita gunakanUntuk mensimulasikan berbagai macam topologi jaringan localMembangun beberapage authority Virtual Private Server (VPS) dalam satu hardware yang sama

Batasan-Batasan VirtualBox

Dalam VirtualBox, kita bisa mensimulasikan berbagai macam sistem operatê mê sebanyak yang kita mau dan juga bisa menjalankannya berbarengan dalam satu waktu secara simulchảy. Seperti ilustramê say padomain authority Gambar 3, itu adalah tangkapan layar dari Arch Linux sebasợi Host OS yang menjalankan Windows 10 dan Elementary OS secara virtual dalam satu waktu yang bersamaan.


Gambar 3: Mesin virtual Windows 10 dan Elementary OS berjalan berbarengan di atas Arch Linux sebatua Host OS.

Hanya saja, batasannya adalah sumber daya perangkat utama kita itu sendiri <4>. Sehingga misalkan perangkat utama kita hanya memiliki ram 4GB, maka tidak mungkin kita bisa mensimulasikan mesin virtual dengan RAM lebih dari 4GB. Begitu juga dengan sumber daya yang lain semisal Video Memory atau Storage (meskipun kita bisa menggunakan fitur dinamic storage).

Xem thêm: Download Microsoft Office 2010 Full Crack 64Bit Vn, Download Office 2010 Full Crack

Guest OS yang di-support

Beberapa Guest OS yang didukung oleh VirtualBox <5>:

Aplikasi alternatif dari VirtualBox

Terdapat berbatua macam aplikasi sejenis VirtualBox dengan tujuan dan fungmê say utama yang sama: yaitu virtualisasay đắm mesin PC. Di antaranya adalah:

dan lain sebagainya.

Referensi

<1> https://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox <2> https://www.computerhope.com/jargon/v/virtualbox.htm <3> https://phoenixnap.com/kb/containers-vs-vms <4> https://geek-university.com/oracle-virtualbox/what-is-oracle-vm-virtualbox/ <5> https://www.virtualbox.org/wiki/Guest_OSes


Bagikan:
*
Nurul Hudomain authority Web Developer. FOSS addict. Pengguna Arch Linux (dan Ubuntu). Penyuka kopi saset. Dan pernah kuliah Teknik Informatika sampai lulus.


Chuyên mục: CÔNG NGHỆ
Bài viết liên quan

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *