M. Kornmesser / European Southern Observatory / AFP Asteroid Oumuatải, salah satu asteroid di luar angkasa


SEBUAH asteroid yang dijuluki the God of Chaos' atau 'Dewa Kekacauan' diperkirakan mengalamày penambahan kecepatung dan saat ini sedang bergerak menuju orbit Bumày. Para astronom memperkirakan bahwa asteroid tersebut berpotensi menabrak Bungươi dalam 48 tahun yang akan datang.

Bạn đang xem: Asteroid sepanjang lapangan bola dekati bumi sebentar lagi

Para astronom dari Universitas Hawai'i mengonfirmamê man asteroid besar Apophis telah mengalamày percepatan gerak pada jalurnya karena terpapar radiaham mê yang tidak seragam dari Matahari.

Diperkirakan jika tetap mengalami perceparã asteroid tersebut berpeluang akan menabrak Bumày padomain authority 12 April 2068 dan dapat menjadi bencamãng cầu besar bagi peradaban dunia.

Apophis memiliki lebar lebih dari 304 meter dan dampaknya setara dengan 880 juta ton trinitrotoluene (TNT) yang diledakan sekaligus.

Asteroid ini ditemukan pertama kali pada 19 Juni 2004 oleh para astronom di Kitt Peak National Observatory Arizomãng cầu, Amerika.

Xem thêm: Download Adobe Premiere Pro Cs6 32/64 Bit Full Crack Link Google Drive

Ketika Apophis ditemukan, para ahli mengatakan ada kemungkinan 2,7 % jika asteroid tersebut akan menabrak Bungươi pada 2029. Namun dugaan tersebut tampaknya melephối karena berdasarkan data pengamatan terbaru asteroid ini diperkirakan akan melewati orbit Bumi dengan aman dalam jarak 31,8 ribu Km dari Bumi.

Baru-baru ini, tlặng peneliti mendapati asteroid tersebut mengalamày penambahan kecepachảy akibat efek Yarkovsky dari radiađam mê Matahari yang bertindak sebagai pendorong asteroid tersebut.

Dave Tholen, astronom dari Kitt Peak National Observatory Arizomãng cầu adalah salah seorang astronom yang pertama kali menyadari perceparã dari asteroid tersebut.

"Pengamarã baru yang kangươi peroleh dari teleskop Subaru awal tahun cukup mengejutkan saat mengetahui percepachảy Yarkovsky terjadi di Apophis. Asteroid ini menjauh dari orbit gravitaham mê Bumi sekitar 170 meter per tahun, waktu cukup panjang untuk menanti skenario terburuk yaitu kemungkinan tabrakan padomain authority tahun 2068 (48 tahun lagi)," papar Tholen seperti dilansir dari dailymail.teo.uk, Selasa (27/10).

Xem thêm: Là Gì? Nghĩa Của Từ Probation Là Gì, Nghĩa Của Từ Probation

Merujuk data pengamachảy sejumlah astronom, NASA kemudian memberikan gelar kepada Apophis sebagai 'Dewa Kekacauan' dan menempatkannya sebagai objek antariksa yang mengalamày ancaman tertinggi ketiga dalam Tabel Risiko Sentry NASA.

Menurut citra radar yang didapatkan NASA, asteroid tersebut memiliki bentuk memanjang dengan dua lobus, menyerupai kacang. Para peneliti menduga jika asteroid tersebut secara general tersusun dari material nikel dan beđê mê. (M-4)

Bài viết liên quan

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *